Jumat, 06 Januari 2017

3i Lumpia gang lombok

Ini dia lumpia legenda di Semarang. yang konon katanya paling pertama dan rasanya masih original.
Berada persis di samping Klenteng TayKakSie, lumpia ini sangat sangat ramai sekali.
Seperti terlihat di foto, saat saya mau mesen 1 porsi lumpia aja, ngantrinya panjang banget.

Kiosnya sih kecil (paling 6 x 3 meter), tapi ramenya bukan main. uda gitu mejanya cuma ada 2 lagi..


Akhirnya setelah mengantri cukup panjang, dapet juga seporsi lumpia legendaris ini. Trus duduk di meja nebeng rombongan lain dengan teknik SKSD (sok kenal sok dekat).. hehehehe

Aslinya, selepas dari kuali, di piring hanya ada piring kosong dan lumpia goreng saja. Setelah itu, disamping lumpia dikasi semacam selai bening agak lengket kaya lendir yang rasanya agak manis gimana gitu.. (agak aneh sih buat aku klo makan selai nya doang...) [difoto selainya dibawah siung bawang dan sayur, warnanya agak bening ]

Di meja ada piring lalapan yang bisa diambil sepuasnya.. Ok, secara sok tau, mungkin cara makan-nya, lumpia dicampur sayur nih. #SotoyModeOn



Banyak yang bilang, kalau ke Semarang jangan lupa makan Lumpia. Ini lumpia pertama dan satu-satunya lumpia yang saya cobain selama di Semarang. Lumpia Semarang isinya rebung. Rebung itu apanya pohon bambu gitu.. Jadi intinya kita makan bambu kaya panda gitu lah.. #ngaco

Soal rasa, sangat subjektif bergantung tiap orang.  Buat saya pribadi, biasa aja sih.. cuma sempet kaget aja pas lagi makan dimeja, orang di depan saya mesen 3 porsi lumpia buat dimakan sendiri.
Kayanya buat orang Semarang, lumpia ini sangat istimewa dan bisa nambah makan nya.

Yang saya masi penasaran sampai sekarang adalah kuah bening agak lengket (seperti lendir) yang disiram disamping lumpia itu. Waktu saya tanya koko penjualnya, dia bilang itu bumbu saja. (tanpa menjelaskan lebih lanjut).
Saya pribadi yang makan lumpia pakai kuah bening itu, rasanya makin aneh :zzzz
Klo menurut insting dan analisa saya,  kuah itu seperti nya tepung yang dimasak dengan bawang putih dan bumbu rahasia apa gitu..

So, buat yang suka, jangan lupa nambah ya..

nice food !





Tidak ada komentar:

Posting Komentar